Resep: Tongseng Daging Sapi

Assalamu’alaikum…

Kali ini aku mau berbagi resep masakan rumahan yang sering aku bikin buat keluargaku. Kebetulan menu masakan yang aku tulis ini bahan utamanya bisa diganti-ganti. Yang jelas sih, tetep berasal dari daging. Hehehe..  Dan untuk resep ini ak pilih bahan utamanya dari daging sapi has dalam.

Ya, ini dia Tongseng Sapi ala aku. Di resep ini, aku nggak pakai santan yaa.. Karena emang aku lebih suka yang non santan, jadi bisa kerasa kuah segernya. Seger dan pedas. Hmm, sedaaap! Cocok banget kalau dinikmati saat dingin dan hujan.  Selamat mencoba yaa..

🌸🌸🌸🌸🌸🌸🌸🌸🌸🌸🌸🌸🌸🌸🌸

TONGSENG DAGING SAPI

Recipe by: cookpad elmapratisila

Bahan
1kg daging sapi (aku pakai daging has dalam), iris agak kecil2
1/2 bongkah kobis, iris kasar, agak besar
1 buah tomat, iris jadi 4 (bisa ditambah kalau suka)
6 buah cabe rawit merah, tidak diiris
1 batang sereh, geprek
2 ruas jari jahe, geprek
2 ruas jari laos, geprek
3 lembar daun jeruk, remas2
4 lembar daun salam
2 sdm minyak goreng untuk menumis
2 sdm kecap manis
Garam secukupnya
Gula secukupnya
Penyedap rasa secukupnya (bila suka)
Air 200ml

Bumbu Halus
7 butir bawang merah
4 butir bawang putih
3 butir kemiri
1 ruas jari, kunyit
3 buah cabe merah keriting
3/4 sdm ketumbar
1/2 sdm merica

Cara Membuat
1. Siapkan wajan. Panaskan wajan dan tuang minyak ke dalamnya.
2. Masukkan bumbu halus, jahe, laos, sereh daun jeruk dan salam. Tumis sampai setengah matang
3. Masukkan daging dan bolak balik hingga tercampur dengan bumbu. Diamkan sebentar agar bumbu meresap (1-2 menit)
4. Masukkan air, kemudian diamkan hingga mendidih dan daging empuk.
5. Setelah daging empuk, tambahkan kecap, garam, gula dan penyedap
6. Masukkan cabe, kobis, dan tomat
7. Masak sebentar, hingga sayuran matang. Boleh tambahkan air panas sedikit apabila suka kuah yang lebih banyak
8. Tongseng daging siap dihidangkan

*) Tips agar daging sapi lebih sehat dikonsumsi
Rebus daging dengan air dingin, kemudian tunggu sampai air mendidih. Tidak usah menunggu sampai daging matang, karena langkah ini berfungsi untuk membuang kotoran yang ada pada daging. Jadi jika air sudah mendidih dan terlihat endapan kotoran, matikan api, kemudian buang air bekas rebusan. Tiriskan daging untuk kemudian nanti diolah.

4 Comments

  1. Alam

    February 5, 2018 at 9:32 am

    Nah ini nih, makanan yang cocok banget buat musim hujan!

    1. elmapratisila

      February 25, 2018 at 6:12 am

      istrinya suruh masak ini, Bang. wkwkwk

  2. prananingrum

    February 15, 2018 at 2:28 am

    hai mbak elma…lam kenal…aku juga suka tongseng enak dan seger ………bisa dicobain nih kapan2

    1. elmapratisila

      February 25, 2018 at 6:11 am

      salam kenal juga mbk, prananingrum 🙂 iya nih, mbak, aku suka tongseng karena seger gitu, mbak..hihihi..

Leave a Reply