Resep: Mie Ayam Ala Miyam Gerobak

Assalamu’alaikum..

Salah satu makanan favorit aku adalah mie ayam. Bumbu ayamnya yang gurih, ditambah dengan taburan bawang goreng dan daun bawang bikin tambah nikmat saat menyantapnya. Dimakan pas musim hujan gini, enak banget.

Nah, beberapa waktu yang lalu alhamdulillaah aku berhasil mengeksekusi resep mie ayam ala miyam gerobak yang aku sukai itu. Resepnya aku dapat dari cici Xanderskitchen. Enak deh rasanya. Met coba yaa…

🍄Mie Ayam🍄

Recipe: by. @xanderskitchen
Recook: by. @elmapratisila
=============================

Bahan
300gr mie basah/mie kering (di sini aku pakai mie basah)
1 ekor ayam kampung (di sini ak pakai ayam negri)
1 batang sereh, geprek
3 lbr daun salam
3 sdm kecap manis
1 sdm kecap asin
1 sdt bubuk merica
Garam secukupnya
Gula secukupnya

Bumbu halus untuk ayam
8 siung bamer
5 siung baput
2 butir kemiri sangrai
Seruas kunyit

Bahan minyak ayam
100ml minyak sayur
Kulit dan lemak ayam
3 siung baput, dicincang

Bahan kuah kaldu
Tulang ayam, kepala, leher, kaki
1.5 Lt air
Garam gula secukupnya

Pelengkap
Sawi
Bakso
Daun bawang
=============================

Cara Membuat
Cara buat topping ayam: (1)
(1) Pisahkan ayam dari tulang dan kulit. Kemudian potong kotak-kotak (2) Rebus ayam sebentar saja untuk menghilangkan kotoran yang ada pada ayam. (3) setelah direbus, buang airnya dan tiriskan (4) Siapkan wajan dan panaskan minyak sayur (5) Tumis bumbu halus dengan sereh, jahe dan daun salam sampai harum (6) Masukkan potongan ayam, tumis hingga berubah warna, kemudian tambahkan gula, garam, penyedap, kecap manis, kecap asin, merica, dan air kaldu secukupnya (7) Cicipi rasa ketika kuah menyusut (kecap bisa ditambahkan sesuai selera). Masak daging sampai empuk dan bumbu meresap

Cara membuat minyak ayam:
(1) Panaskan wajan dan tuang minyak sayur (2) Masukkan kulit dan lemak ayam, masak dengan api kecil hingga kulit dan lemak ayam kering, angkat (3) masukkan bawang putih cincang (4) masak sampai bawang putih garing dan minyak ayam siap digunakan

Cara membuat kuah:
(1) Rebus tulang dan lainnya ke dalam air (2) Tambahkan garam dan merica secukupnya (3) Masak dengan api kecil sampai sari-sarinya keluar (4) Saring kuahnya dan kuah pun siap digunakan

Cara penyajian:
(1) Siapkan mangkok. Masukkan 1sdm minyak ayam, 1sdt kecap ikan (boleh skip klo nggak ada), 1/2sdt merica, sedikit garam (2) Masukkan mie yg telah direbus kemudian aduk rata agar minyak tercampur (3) beri topping ayam, bakso, caisim, taburan daun bawang dan bawang goreng (4) Siram mie dengan kuah kaldu atau bisa juga sajikan dengan kuah terpisah (5) Tambahkan kecap, saos dam sambal untuk menambah nikmat mie ayam

6 Comments

  1. Untari

    March 2, 2018 at 1:47 am

    Aku suka banget mie ayam gerobak ketimbang resto. Ini resepny ternyata gampang ya. Nti kucoba deh

    1. elmapratisila

      March 4, 2018 at 12:18 am

      sama mbak, lebih kearasa gitu bumbunya kalau menurut aku. hee..
      selamat mencoba ya, mbak.. 😉

  2. hatari

    March 3, 2018 at 6:17 am

    berpikir keras, apa sih bamer baput. haha…ternyata brambang bawang. Jadi kepengen mencoba

    1. elmapratisila

      March 4, 2018 at 12:16 am

      wkwkwk..iya, mbak, bamer is bawang merah dan baput is bawang putih. haha..
      Ini kalau dibikin, cepet kok mbak masaknya. Paling lama masak ayamnya doang. Hihihi..

    1. elmapratisila

      March 15, 2018 at 5:28 am

      terima kasih 🙂 silahkan dicoba. hehehe

Leave a Reply