Piring Gizi Seimbang: Hidangan Sederhana dan Menyehatkan Dengan Chicken Nugget So Good

sogood.id

Sebagai seorang ibu rumah tangga, memperhatikan menu masakan keluarga yang kaya akan gizi adalah hal yang utama. Tidak hanya menyajikan hidangan yang lezat, namun harus bergizi dan menyehatkan. Karena kekurangan  asupan gizi, dapat menyebabkan malnutrisi dan mudah terserang penyakit. Lalu kandungan gizi apa saja yang harus ada dalam makanan gizi seimbang?

Saat masih kuliah dulu, saya pernah disarankan dokter untuk mengunjungi ahli gizi. Aduh, rasanya saya malu sekali, sudah sebesar itu, nggak tau tentang gizi. Begitu pikir saya sebelum bertemu dengan si ahli gizi. Namun ternyata, seharusnya kita nggak perlu malu dan takut untuk berkonsultasi kepada ahlinya. Karena dengan datang kepadanya, pengetahuan kita akan gizi menjadi bertambah. Bahkan mereka akan menyarankan hal yang baik dan yang sesuai dengan kondisi tubuh kita. Misalnya, harus ada makanan yang perlu banyak dikonsumsi, dikurangi, atau dibatasi. Mereka akan menjelaskan secara detail beserta takaran konsumsinya.

Seperti yang sudah kita tau, bahwa menu gizi seimbang itu terdiri dari karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral. Ke empat unsur tersebut harus selalu ada dalam menu kita sehari-hari. Kebutuhan karbohidrat yang cukup akan membantu kita lebih bertenaga dan meningkatkan kerja saraf pusat, otak, dan jantung. Mengkonsumsi makanan yang mengandung protein juga penting untuk otot dan tenaga serta untuk mengembangkan juga memperbaiki jaringan tubuh. Sedangkan vitamin dan mineral dibutuhkan oleh tubuh untuk metabolisme tubuh dan menangkal radikal bebas.

Konsumsi karbohidrat cukup namun protein kurang dapat mengakibatkan defisiensi protein, rambut dan kuku mudah patah, serta menyebabkan kulit kering. Nah, kalau kebutuhan karbohidrat dan protein baik, tapi tak diimbangi dengan kebutuhan vitamin dan mineral juga dapat mengakibatkan metabolisme yang kurang baik juga. Karena seperti yang kita tahu, fungsi dan kandungan vitamin sangat banyak sekali. Sehingga peranannya harus kita jaga.

Piring Gizi Seimbang Membantu Kecukupan Gizi Dalam Tubuh

Jika dulu kita telah lebih mengenal istilah 4 sehat 5 sempurna, maka sekarang ini pemerintah kembali menyusun “Pedoman Gizi Seimbang” yang merupakan penyempurnaan dari istilah sebelumnya. Pedoman gizi seimbang tersebut bisa kita temukan dalam diagram Piring Gizi Seimbang berikut ini:

picture by. sogood.id

Menurut panduan di dalam piring gizi seimbang yang saya dapatkan di sini , menu yang harus ada di tiap makanan harus terdiri dari:

1. Satu jenis atau lebih karbohidrat 35% misalnya beras, jagung, gandum, ubi kayu, kentang, sagu, dan sebagainya.
2. Satu jenis atau lebih Protein 15% misalnya kacang-kacangan, tempe, tahu, telur, ikan, daging, dan sebagainya
3. Satu jenis atau lebih makanan kelompok buah-buahan 15% + sayuran 35% sebagai sumber vitamin dan mineral misalnya buah pisang, apel, pepaya, jeruk, dan sebagainya. sayuran wortel, bayam, kangkung, dan sebagainya.

Untuk memenuhi gizi seimbang dalam keluarga, saya berusaha untuk selalu menghadirkan menu sehat yang terdiri dari nasi, sayur, protein dan buah tersebut. Dan untuk protein, saya memilih nugget dari produk So Good. Mengapa So Good?  Karena produk So Good terbuat dari bahan baku pilihan yang terjamin dan memakai teknologi yang tinggi dalam pengolhannya, sehingga rasanya enak juga nikmat. Kemudian, produk So Good mempunyai banyak varian produk, seperti nugget, sosis, bakso, bahkan olahan ayam dan ayam potong. Sehingga memudahkan kita dalam memvariasikan menu. Selain varian produk, So Good juga mempunyai pilihan rasa yang dapat kita pilih, yaitu original, hot & spicy, garlic, cheese, pizza. Produk So Good juga telah mengantongi sertifikat Halal MUI dan layak edar dari BPOM. Yang lebih menggembirakan di dalam produknya, So Good tidak menambahkan MSG kecuali yang tercantum pada kandungan bahan-bahan yang asli berasal dari bahan dasar (seperti tepung dan bumbu-bumbu) dan tidak memakai pengawet. Namun, kenapa bisa awet? Tentunya karena proses yang canggih, yaitu dengan pembekuan yang cepat (-18oC) yang merupakan salah satu metode pengawetan alami yang aman, dan tidak merusak tekstur dan kandungan gizi pada produk daging olahan.

Menu Pring Gizi Seimbang

Pagi tadi menu yang saya sajikan untuk keluarga adalah Nasi, Tumis Brokoli, Chicken Nugget Spicy Garlic, dan buah Naga iris. Ini merupakan menu piring gizi seimbang yang cepat dan praktis. Karena waktu di pagi hari itu rasanya cepat sekali, jadi waktu eksekusi memasak pun harus gesit. Hehe.. Tumis brokoli yang saya sajikan ini sangat praktis dan sehat. Bumbunya hanya berupa bawang putih geprek, garam, gula dan sedikit air. Sangat praktis dan menyehatkan. Sedangkan untuk chicken nuggetnya, hanya saya goreng biasa saja. Namun, untuk lebih lengkapnya, akan saya sertakan bahan dan cara membuatnya

Tumis Brokoli Bumbu Bawang Putih

Bahan

  • 1 buah brokoli ukuran besar
  • 1/2 buah bawang bombai ukuran besar, iris (di sini saya nggak pakai)
  • Secukupnya garam
  • Secukupnya gula
  • 1 sdm minyak sayur untuk menumis
  • 100 ml Air
  • Bumbu halus: 2 siung bawang putih, 2 siung bawang merah

Cara Membuat

  1. Potong brokoli sesuai selera. Cuci bersih kemudian rendam dengan air garam selama 10 menit. Kemudian tiriskan
  2. Panaskan wajan dan tuang minyak sayur. Masukkan irisan bawang bombai. Tumis sampai setengah matang
  3. Masukkan bumbu halus. Tumis sampai setengah matang
  4. Setelah telur tercampur, masukkan brokoli. Masak brokoli sampai setengah matang. Kemudian tambahkan gula, garam, dan air
  5. Masak brokoli sampai cukup matang kemudian segera matikan api agar sayur masih terasa fresh dan tidak berubah warna.
  6. Tumis brokoli siap disajikan

Memadukan menu gizi seimbang itu nggak perlu yang mahal, yang penting bergizi dan menyehatkan. Dan untuk protein hewani, saya percayakan So Good, karena memang lebih baik so good. So Good is very good 🙂

chicken nugget spicy garlic so good

Leave a Reply