Menyulap Kardus Bekas Menjadi Barang Serbaguna

Pada hari Kamis, 22 Maret 2018, saya berkesempatan hadir di acara “Workshop Daur Ulang Sampah Rumah Tangga” yang diadakan oleh Titik Tengah Partnership bersama Alfamart di Hotel All Stay, Semarang. Acara ini merupakan salah satu program Titik Tengah Women Blogger Movement dalam memperingati Hari Perempuan Internasional sekaligus Hari Air dan Bumi.

Dalam kesempatan tersebut, mbak Nia Nurdiansyah selaku founder Titik Tengah mengungkapkan, bahwa program ini adalah yang pertama kali dilaksanakan bersama Alfamart. Harapannya, semoga dengan adanya acara workshop daur ulang sampah, banyak orang yang terinspirasi untuk memanfaatkan barang bekas menjadi barang serba guna, jadi lingkungan bisa menjadi lebih sehat. Hadir pula dalam acara, perwakilan dari Alfamart, yaitu mas Heru Supriyanto yang mengatakan jika workshop yang diadakan kali ini merupakan bentuk kampanye pengurangan sampah rumah tangga dan pengelolaannnya, sehingga nantinya masyarakat mampu memelihara lingkungan dengan mengolah sampah yang benar. Program pengelolaan sampah menjadi barang serbaguna adalah salah satu program upaya Alfamart untuk pengembangan ketrampilan masyarakat di bidang kewirausahaan.

Nah, karena pesertanya perempuan, maka acara hari itu pun tak jauh dari hal yang berkaitan dengan perempuan, yaitu membuat kerajinan tangan. Hee.. Walaupun saya kurang terampil dalam hal menempel dan menggunting, tapi hari itu saya ingin belajar bagaimana memanfaatkan barang bekas atau limbah sampah menjadi barang yang lebih berguna. Dalam membuat kerajinan dari barang bekas, kita para peserta dipandu oleh mbak Yuniar Alfa, owner dari Laquinna Creative Handmade, yang telah berpengalaman dalam membuat berbagai kerajinan dari barang bekas. Setelah memberikan sedikit penjelasan tentang pemanfaatan barang bekas berupa kardus, mbak Alfa mengajak kami para peserta untuk langsung praktik membuat dompet koin dari kardus susu UHT. Hmm,,pernah terpikir nggak sih, kalau ternyata dari kardus susu bisa dibuat jadi dompet? Kalau saya, nggak pernah terpikir sama sekali. Jujur saja, setiap kali membeli susu UHT, kardusnya selalu saya buang. Huhuhu, sayang ya, karena ternyata bisa dibikin aksesoris yang cantik.

foto saat membuat dompet koin

Selama mengikuti workshop, saya dan teman-teman sangat antusias. Kami memperhatikan setiap penjelasan dan bertanya segala sesuatu yang kami belum fahami. Mbak Alfa pun dengan sabar membimbing juga mengecek pekerjaan kami. Hingga akhirnya dompet koin dari kardus bekas itu pun dapat berubah menjadi cantik dan bermanfaat.

dompet koin hasil karya saya dan teman-teman

Tak banyak foto yang bisa saya abadikan saat workshop kemarin. Karena saking asyik dan fokusnya membuat juga biar nggak salah. Insya Allah next postingan aka saya share, bagaimana cara memanfaatkan kardus bekas menjadi barang yang lebih berguna. Jadi, tungguin yaa…

Di akhir acara, mbak Alfa memberikan hadiah bagi peserta yang tercepat dan terapi dalam membuat dompet koin. Sayangnya dompet saya tidak terpilih. Hee.. Tapi saya bahagia karena paling tidak saya sudah bisa membuatnya.  Para pemenang yang masuk dalam kategori tersebut mendapatkan bingkisan alat dan bahan kerajinan tangan untuk dibuat di rumah. Wah, senangnya, bisa praktik lagi. Selamat ya buat para pemenang.

Oya, pulangnya bawaan saya bertambah nih. Alhamdulillaah dapat perlengkapan makan dari Alfamart, yang kalau mau mendapatkannya harus mengumpulkan poin itu lho. Dan karena sudah mengikuti workshop tersebut, kita semua bisa mendapatkan secara gratis. Hehehe..

Nah, ingin mengikuti workshop kreatif seperti yang saya ikuti? Nantikan ya, acara Titik Tengah Women Blogger Movement yang akan diadakan bulan depan . Tentunya dengan tema yang berbeda dan menarik. Terimakasih untuk Titik Tengah Partnership, Alfamart dan mbak Alfa dari Laquinna Creative Handmade yang sudah berbagi ilmu di workshop kemarin.

16 Comments

  1. Uniek Kaswarganti

    March 26, 2018 at 7:08 am

    Seruuuu ya acaranya, kapan2 pengin bisa ikutan juga nih.

    1. elmapratisila

      March 29, 2018 at 2:31 am

      hu’um mbak Uniek.. 🙂 semoga next acar pas weekend ya mbak, jadi bisa ikutan. hee

  2. evylia hardy

    March 26, 2018 at 7:08 am

    Salut dengan Alfamart yang peduli dengan kelestarian lingkungan hidup 🙂 … jadi makin sadar untuk sebisa mungkin mendaur ulang barang bekas nih

    1. elmapratisila

      March 29, 2018 at 2:30 am

      Iya mbak Evy, dan aku juga baru tau tentang program Alfamart itu dari workshop kemarin. Sekarang kalau lihat barang bekas, jadi mikir dulu mau dibikin apa ya? hehe

  3. Hidayah Sulistyowati

    March 26, 2018 at 7:17 am

    Ayo bikin lagiii, aku juga mau bikin lagi kalo udah beli lem

    1. elmapratisila

      March 29, 2018 at 2:29 am

      hihi..sama mbak, aku juga nunggu beli kancing magnet. hihi..dari kemarin belum sempat aja mau mampir toko jahit. hehe

  4. farida

    March 26, 2018 at 7:29 am

    seru ya acaranya. jadi pingin ada acara seperti ini lagi 🙂

    1. elmapratisila

      March 29, 2018 at 2:28 am

      iya mbak, pingin ada pelatihan gini lagi. apalagi kaalu bikinnya tuh simple ya, nggak pakai jahit-jahit. hihi

  5. Dani Ristyawati

    March 26, 2018 at 7:59 am

    Waaah cakep-cakep ya dompetnya…. mau dong diajarin juga bikinnya 🙂

    Salam kenal mbak Alma 😀

    1. elmapratisila

      March 29, 2018 at 2:28 am

      hai mbak Dani, salam kenal juga 🙂 hihihi..sip mbak, lagi nunggu bahan lengkap euy. hehe

  6. Rahma

    March 26, 2018 at 11:14 am

    Keren y mba acaranya… bikin mupeng….

    1. elmapratisila

      March 29, 2018 at 2:27 am

      bulan depan ikut yuk, mbak.. 😉

  7. Ika Puspitasari

    March 26, 2018 at 11:18 am

    Acara2 kayak gini cocok banget nih buat perempuan2 kayak kita ya. Supaya lebih berdaya sekaligus membantu menyelamatkan lingkungan

    1. elmapratisila

      March 29, 2018 at 2:27 am

      betul mbak, Ika. Selain jadi bisa makin terampil, barang-barang bekas di sekitar jadi bisa lebih dimanfaatkan.

  8. Siti Faridah

    March 26, 2018 at 2:13 pm

    Acaranya seru. Ternyata dari kardus susu UHT bisa menjadi dompet yang cantik ya mbak.

    1. elmapratisila

      March 29, 2018 at 2:26 am

      he’e, Farida 🙂 aku jadi mau bikin lagi nih..hehe

Leave a Reply