Berkahnya Makan

Assalamu’alaikum..

Salah satu aktifitas aku yang hampir tiap hari bikin mikir keras adalah memilih menu masakan sehari-hari. Karena ak orangnya bosenan, jadi bagiku menu itu harus ganti tiap hari. Paling nggak olahannya. Misal bahan utamanya sama nggak apa-apa, tapi cara olahnya harus beda. Inilah yang bikin aku harus olak-balik bukain konten sosmed yang sering share masakan. Alhamdulillaah hal ini ngebantu banget buatku untuk bikin menu variasi di rumah. Thanks a lot para mommies kece yang udah mau share resepnya 😘

Well, ngomong-ngomong soal makanan, pernah suatu kali aku ditegur sama Ibuk karena seringnya pilih-pilih makanan. Kata beliau “Makanlah apa yang ada. Mau makanan itu berasal dari bahan yg mahal atau murah, toh fungsinya sama. Untuk penguat tubuh, biar tetap bisa beraktifitas. Mau seenak (baca: istimewa) apapun makanannya, itu hanya sampai di mulut aja. Kalau udah lewat tenggorokan, apa kamu masih ngerasain enaknya? Apalagi kalau udah sampai perut dan urusan belakang. Nggak keliatan tuh, kalau ini ayam goreng, itu tempe goreng. Yang penting itu fungsinya”.

Kalau dulu, masih bandel, kini aku mulai mikir kalau itu bener. Terus-terusan makan enak, tanpa merhatiin gizi, emang bahaya buat tubuh. Karena kadang kita lupa tentang gizi yang seimbang, yang diperlukan tubuh. Hal inilah yang bikin aku harus lebih mikir lagi buat menyiasati menu di rumah. Walaupun masih sering gagal soalnya aku masih hobi makan sembarangan 😢

Sifat pilih-pilih makanan juga rawan bikin jadi kurang bersyukur. Pinginnya makanan itu, eh ternyata yang ada makanan ini. Kadang jadi kecewa karena nggak sesuai harapan. Namun, sebenarnya kita nggak pernah tau, makanan itu atau ini yang akan memberikan keberkahan.

Hal yang kini aku tanamkan lekat-lekat di pikiran ketika mau makan adalah menyadari bahwa makanan yang ada di depanku adalah rezekiku. Saat aku merasa tak sanggup menghabiskan hidangan, maka aku akan memikirkan orang-orang yang saat ini mungkin belum seberuntung aku, yang bisa dengan nikmat menyantap makanannya.

Wassalamu’alaikum..

Leave a Reply